Sabtu, 13 Juli 2013

MANFAAT BUAH DAN DAUN POHON TIN

Kandungan dan Manfaat Buah Tin

1.Mampu membunuh bakteri merugikan di dalam tubuh.

2.Membantu merangsang pembentukan hemoglobin darah yang cocok digunakan sebagai obat anemia.

3.Mampu menurunkan kadar kolesterol karena rendah kalori dan bebas kolesterol.

4.Mampu menurunkan berat badan tubuh anda.

5.Mangendalikan nafsu makan.

6.Menguatkan jantung.

7.Membantu menormalkan pernafasan (bagi penderita sesak nafas).

8.Mengobati sulit buang air besar.

9.Menguatkan tulang, karena kaya akan kalsium.

10.Membantu melawan sel – sel kanker yang berkembang biak di dalam tubuh kita.

11.menanggulangi diabetes


Khasiat dan manfaat teh daun tin :


1. Mengontrol tekanan darah tinggi & jantung.

2. Detoksifikasi.

3. Mengandung serat tinggi.

4. Mengurangi sesak nafas.

5. Mengontrol kadar gula darah.

6. Sebagai pelancar.

7. Penahan sakit dan unsur perkumuhan air seni (diueritik).

8. Tidak mengandung garam, lemak, & kolestrol.

9. Mengandung kalium, serat, & zat besi tinggi.
10. Tambahan insulin untuk terapi penderita Diabetes





Buah Tin mengandung beragam nutrisi  yang sangat tinggi  mulai dari vitamin A, C, kalsium, magnesium hingga potasium, serta benzaldehyde yang terbukti efektif dalam menghambat tumor & serat (dietary fiber).

Setiap 100 gr buah Tin kering terkandung 12.2 gr serat ,sedangkan apel mengandung 2.0 gr dan jeruk 1.9 gr.. dan antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker. omega- 3 dan omega-6. pencegahan penyakit jantung koroner.

Prof. J. A Vinson dari Universitas Scranton Amerika Serikat telah membuat kajian dan membuktikan bahwa, Buah Tin mengandung khasiat yang tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Buah Tin tidak mengandung garam, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung kalium, serat dan zat besi yang lebih tinggi . Hasil penelitian dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% daripada kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Penelitian menunjukkan, bahwa serat terlarut bisa membantu gula dalam darah dan mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut, dapat melindungi dan mencegah kanker usus besar (koion). Makanan yang kaya akan serat mampu mengurangi berat badan, oleh karena itu Buah Tin juga sangat sesuai mengatasi masalah berat badan.

Kini, Buah Tin yang manispun terbukti antidiabetes mellitus. Dalam daun Tin terdapat senyawa aktif mirip Insulin.Dr. Oliver Alabaster, yaitu Pengarah Institut Pencegahan Penyakit di George Washington University Medical Centre menyatakan bahwa jika seseorang mengambil Buah Tin, sebenarnya telah mengambil makanan yang menjamin kesehatannya dalam jangka panjang. Maka tidak heranlah jika Buah Tin disebut oleh pakar-pakar makanan pada saat ini sebagai makanan Nutraseutikal (functional food), karena Buah Tin bukan sekedar mengandung zat-zat yang berkhasiat, bahkan lebih dari itu dan bermanfaat sebagai penjaga tubuh dan mampu mencegah serangan penyakit-penyakit tertentu.

Disamping itu, keberadaan serat, kalium dan magnesium di dalam Buah Tin dapat mengurangi serangan angin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Satu berita baik bagi pengidap penyakit darah tinggi, karena dengan memakan Buah Tin dijadikan pencegah penyakit tersebut. Untuk penyakit kencing manis, serat yang terdapat di dalam Buah Tin ini dapat memperlahan proses penyerapan glukosa di usus kecil. Gabungan zat yang terkandung dalam Buah Tin yaitu serat yang tinggi dan karbohidrat dalam bentuk yang ringkas, yaitu glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang.

Disamping itu, Lembaga Penasehat Buah Tin di California (California Fig Advisory Board) telah mengatakan Buah Tin sebagai “Nature’s most nearly perfect fruit”, yaitu Buah yang hampir mencapai tahap kesempurnaan secara keseluruhan.

Satu lagi keajaiban yang terkandung di dalam Buah Tin adalah dipercayai mempunyai bahan yang dapat melawan kanker. Di dalam Buah Tin mengandung “polyphenols” yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh kita, karena dapat berfungsi sebagai free radical dalam tubuh yang menyebabkan kanker. Disamping itu, Buah Tin juga mengandung unsur lain yang menjadi bahan anti kanker, yaitu “benzaldehyde” dan “coumarins”. Benzaldehyde telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor dan “coumarins” adalah untuk merawat kulit dan kanker prostat.

Buah Tin dapat dikonsumsi setiap orang, termasuk anak-anak dan merupakan makanan yang terbaik untuk semua umur, karena Buah Tin mengandung serat yang tinggi dan manis rasanya. Jadi sangat tepat jika kita mengkonsumsi buah ini,

sebagai makanan alternatif kita untuk meningkatkan kesehatan kita sehari-hari di dalam dunia modern ini.

Berdasarkan penelitian California Fig Nutritional Information, buah tiin mengandung serat (dietary fiber)yang sangat tinggi. Setiap 100 gr buah tiin kering terkandung 12.2 g serat sedangkan appel hanya mengandung 2.0g dan jeruk 1.9g. Para Pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi tiin secara teratur. Selain dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, serat terkandung juga mampu mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya.

Hasil Riset Universitas Rutgers di New Jersey lain lagi. Penelitian Rutgers membuktikan kalau buah tiin mengandung antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker. Tiin juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, diantaranya omega-3 dan omega-6. lemak ini terbukti berperan dalam pencegahan penyakit jantung koroner. Kelebihan yang lain, buah tiin rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus.

Keistimewaan buah ini tidak berhenti sampai di sini. Beragam vitamin dan mineral bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100g buah tiin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C, 0.68 mg, kalsium, 133.0 mg dan zat besi, 3.07mg. Vitamin dan mineral ini sangat diperlukan tubuh untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ tubuh

3 komentar:

  1. Yang butuh bibit pohon tin bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus
  2. Kami menjual berbagai jenis bibit tanaman buah, bunga, tanaman hias, tanaman khasiat dll
    Bisa beli ecer dengan harga grosir. Ada promo beli 2 gratis 1 bibit
    Yuk klik di www.tokopedia.com/geraifashiongros

    BalasHapus